//Maher Zain Raih Double Platinum dari Universal Musik Indonesia

Maher Zain Raih Double Platinum dari Universal Musik Indonesia

Penyanyi, penulis, dan produser musik religi asal Swedia Maher Zain meraih penghargaan double platinum dari Universal Musik Indonesia.

Penghargaan itu diraih lantaran Maher berhasil mencatatkan penghasilan lebih dari Rp 2 miliar untuk album "One" yang dirilis pada tahun 2016 lalu.

Untuk diketahui, sejak 2009 lalu Maher menjadi salah satu penyanyi asing yang memperoleh popularitas amat tinggi di Indonesia.

Menurut data dari YouTube, Maher menjadi penyanyi internasional terpopuler di Indonesia dengan total 5,8 miliar penonton. Ia juga didaulat sebagai artis muslim terpopuler di Facebook dengan total 26 juta penggemar di seluruh dunia.

Atas raihan tersebut, Maher mengaku senang dan bangga karena Indonesia bisa menjadi negara yang memberinya apresiasi begitu besar.

"Alhamdulillah ini adalah sebuah prestasi, sangat menginspirasi dan semoga saya bisa tetap menjaga ini. Dan saya senang bisa kembali ke Indonesia untuk sebuah penghargaan," ucap Maher dalam jumpa pers di Mandarin Oriental, kawasan MH Thamrin, Jakarta Pusat, Selasa (19/3/2019).

Meski begitu, Maher mengaku tak ingin berbesar hati dan akan tetap terus menjaga hubungan dengan Indonesia yang telah memberi tempat untuknya berkarya.

"Tapi, aku tidak mau menjadi tinggi hati. Aku lebih senang karena laguku berhasil sebarkan dampak yang positif di Indonesia," ujarnya.

Sebelumnya, dua album pertama Maher Zain, Thank You Allah (2009) dan Forgive Me (2012), juga memperoleh sertifikasi platinum di Indonesia. Ia pun sempat menggelar tur besar di berbagai kota di Indonesia, termasuk Jakarta, Bandung, Makassar, Balikpapan, Palembang, Surabaya, dan Banda Aceh.

Pada 2016, Zain merilis album One dengan beberapa single andalan, seperti "The Power", "Medina", dan "Peace Be Upon You".

Perwakilan pihak Universal Music Indonesia, Wisnu Surjono, mengatakan bahwa album One saat ini telah terjual dan menghasilkan keuntungan hingga Rp 2 juta miliar di Indonesia.

Kata Wisnu, capaian itu dihitung dari penjualan album fisik, digital platform hingga ring back tone (RBT), 

"Berdasarkan ketetapan asosiasi musik Indonesia, semenjak (album) fisik menghilang, dihitung dari Rp 500 juta itu kategori gold, Rp 1 miliar itu platinum, double platinum itu Rp 2 miliar revenue," ucap Wisnu.

Guna merayakan sertifikasi double platinum di Indonesia, Maher pun akan turut terlibat dalam acara bertajuk "Malam Amal Kemanusiaan: Melayani Negeri Sepenuh Hati" di Gedung Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI, pada Selasa (19/3/2019) malam.

Selain Maher Zain, Opick, Indah Dewi Pertiwi, juga akan hadir di acara tersebut.

"Tidak ada lagu spesifik yang akan aku persembahkan. Tapi, aku akan nyanyikan lagu 'One Big Family' dan 'Insya Allah'. Lagu itu sudah biasa aku nyanyikan, tapi dalam acara amal pasti lagu itu bisa lebih menyentuh hati banyak orang," imbuh Maher.

Sumber: https://entertainment.kompas.com/read/2019/03/19/190902810/maher-zain-raih-double-platinum-dari-universal-musik-indonesia

2019-03-19T12:21:10+00:00March 19th, 2019|